Tag

, , , , , , ,

Tulisan ini merupakan bagian dari tugas akhir mata kuliah Interaksi manusia dan komputer (Human Computer Interaction)Departemen Ilmu Komputer Bogor Agricultural University (IPB). Penulis akan melakukan kajian web usebility terhadap situs vivanews.com.

Web Usability

Web usability adalah salah satu faktor penting dalam mengembangkan sebuah web. Pengembang harus memahami prinsip-prinsip usability sebelum mengimplemen-tasikannya pada sebuah web. Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan.

Usability didefenisikan melalui lima komponen, yaitu :

a. Learnability

Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.

b. Efficiency

Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.

c. Memorability

Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.

d. Errors

Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.

e. Satisfaction

Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.

Sebuah web dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh penggunanya. Berikut ini adalah kodisi yang akan membuat pengguna meninggalkan sebuah web:

  • Web sulit digunakan.
  • Homepage tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh pengguna pada web tersebut.
  • Pengguna mendapatkan adanya kesalahan pada web.
  • Informasi web sulit dibaca dan tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan pengguna.

User Experience

User experience bisa berupa kesan yang diperoleh pengguna setelah menggunakan suatu perangkat lunak termaksud saat mengunjungi laman website. Kesan-kesan tersebut bisa berupa kesan positif, seperti : satisfiying, enjoyable, fun, entertaining, helpful, motivating, dan lainnya. Dan juga dapat berupa kesan negatif, seperti : boring, frustasing, annoying, dan lainnya.

Dalam membangun website, pengembang harus memperhatikan bagaimana caranya agar pengguna dapat merasakan kesan-kesan positif dan meminimalkan kesan negatif.

Vivanews.com

PT Visi Media Asia adalah kelompok usaha media milik Grup Bakrie. Kelompok usaha ini memiliki stasiun televisi antv dan tvOne, serta portal berita vivanews.com. Direktur Utamanya sejak tahun 2008 adalah Anindya Bakrie.

Vivanews sebagai portal berita dan informasi bagi penggunanya. Media online ini diperbaharui selama 24 jam dalam sepekan. Informasi dan berita yang disampaikan meliputi peristiwa nasional dan internasional serta dari berbagai bidang mulai sosial politik hingga olahraga dan kuliner.

Jika dilihat dari model bisnis internet, vivanews.com termasuk kategori content provider yang menyediakan berita dan kontek digital. Keuntungannya diperoleh dari iklan.



Iklan